Rencanakan dan Lakukan dari Sekarang, Untuk Masa Depan

Well-planned, begitu yang saya coba lakukan setiap harinya. Sebelum saya melakukan sesuatu, saya berusaha untuk membuat rencana agar bisa dan tahu apa dan bagaimana harus menjalankan hari-hari saya. Mulai dari hal-hal kecil seperti waktu untuk melakukan pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, hingga mengurus keluarga. Terutama, si kecil Cissy yang semakin lucu setiap harinya. Oiya, Cissy itu nama panggilan bagi anak saya kalau ada yang belum tahu. ^^

Salah satu hal yang saya coba jalankan untuk well-planned bagi Cissy adalah rencana masa depan buat dia. Rencananya bukan yang ribet-ribet macam nanti siapa jodohnya dll, melainkan yang “mudah” saja dulu yakni rencana pendidikan buat dia nantinya. Tentunya, rencana pendidikan tersebut harus didukung oleh perencanaan finansial demi mendukung pendidikan Cissy nantinya, mulai dari yang “kecil” seperti masuk TK, hingga (mudah-mudahan) perguruan tinggi. Karena walau banyak sekali pemberitaan bahwa pendidikan gratis serta banyak sekali kesempatan beasiswa, namun riilnya di lapangan begitu banyak sekali yang harus dilakukan untuk mendapatkan “fasilitas” tersebut. Anyway, bukan soal pendidikan gratis atau beasiswa itu yang ingin saya bahas, melainkan apa rencana pribadi saya untuk finansial pendidikan Cissy nantinya.

Salah satu faktor yang mempengaruhi perencanaan pendidikan Cissy nantinya adalah ucapan dari orangtua saya. “Pendidikan seorang anak haruslah lebih baik daripada orangtuanya. Jika orangtuanya hanya sanggup menyelesaikan hingga SMA, maka anaknya haruslah sanggup menyelesaikan hingga perguruan tinggi.” Kurang lebih, ucapan tersebut terpatri di benak saya, bahwa kelak Cissy haruslah lebih tinggi pendidikannya dibandingkan saya. FYI aja: (saat ini) saya “cuma” lulusan D3; sehingga (mudah-mudahan) Cissy bisa jadi lulusan S1. Amin.

Untuk mendukung rencana tersebut, tentunya perlu didukung oleh layanan perbankan yang memberikan solusi. Tabungan, adalah salah satu bentuk produk perbankan yang bisa dipilih. Ragamnya pun banyak, mulai dari tabungan reguler yang bisa ditambahkan terus saldonya dari hasil menyisihkan pendapatan setiap bulan, ataupun tabungan pendidikan dan skema lainnya. Semua itu tentunya merupakan solusi perbankan yang bisa ditemui di berbagai bank. Salah satunya adalah BCA (http://www.bca.co.id).

Lalu, apa rencana masa depan saya untuk kebutuhan finansial pendidikan Cissy? Jujur saja, saat ini saya baru memilih untuk menggunakan tabungan reguler – yakni Tahapan BCA atas nama saya untuk menjadi “lumbung” pengumpulan finansial bagi kebutuhan pendidikan Cissy kelak. Alasannya, karena mudah untuk bertransaksi.

Sekian tahun saya memiliki rekening berupa Tahapan BCA, sekian tahun pula kemudahan transaksi berupa penggunaan ATM BCA, debit BCA, transfer via ATM BCA, pembelian voucher telepon seluler, hingga pembayaran asuransi melalui ATM BCA begitu membantu keseharian saya. Jadi, tentu saja alasan tersebut cukup kuat bagi saya untuk kemudian menggunakan Tahapan BCA saya untuk menjadi “lumbung” bagi rencana finansial pendidikan Cissy.

Saat ini, rencana besaran minimal yang saya sisihkan per bulan untuk Cissy belum begitu besar. Masih di bawah 300ribu rupiah per bulannya. Mungkin kecil jika dibandingkan dengan kebutuhan total finansial pendidikan jaman sekarang (atau nanti) yang bisa jadi membutuhkan hingga belasan atau puluhan juta rupiah. Tapi, rencana tersebut tujuannya tak lain agar cash flow setiap bulan dari pendapatan dan pengeluaran saya tetap stabil, tidak bergelombang, dan saya pun tertib untuk terus menabung. Pernah dengar kan prinsip “menabung itu yang penting terus bersambung”? :mrgreen: Lagipula, saya juga kan pengen dong punya kebebasan finansial dengan cash flow yang stabil tersebut.. – meski riilnya cukup “menantang” untuk dilakukan. 🙂

Well, saya memang kurang pandai berhitung untuk keuangan yang berkaitan dengan tabungan di bank. Tapi setidaknya saya berharap dengan rencana kecil ini, saya di kemudian hari menjadi lebih tertib, lebih mawas diri, dan lebih terbantu untuk kebutuhan finansial pendidikan Cissy kelak. Sambil tetap dan terus berdoa, berikhtiar, dan melakukan pekerjaan halal untuk mengumpulkan rezeki. Karena itulah, perlu rencanakan dan lakukan dari sekarang, untuk masa depan. Amin.

Kalau kamu, punya rencana finansial apa?

NB: tanpa mempengaruhi isi & kondisi riil, blogpost ini sedang diikutsertakan di BCA blog competition.

Keterangan foto: tabungan dari sini, dan topi toga dari sini.

12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *