Kenapa Ciri-ciri Pengguna Narkoba BNN Trending?

Konten yang unik selalu bisa menjadi alasan utama untuk menjadi viral atau trending. Apalagi jika isi konten tersebut menyentuh banyak elemen keseharian. Contohnya, minggu lalu dan minggu sebelumnya, ada Mukidi yang tersebar melalui mobile messaging dan juga social media. Di awal minggu ini, ada konten mengenai ciri-ciri pengguna narkoba yang disebarkan oleh BNN.

Apa pasal? Oke, coba simak gambar di bawah.

ciri-ciri pengguna narkoba

Seperti informasi yang selayaknya disebarkan oleh badan/lembaga pemerintahan, gambar tersebut memuat informasi yang harus dapat dikonsumsi oleh masyarakat kebanyakan dan juga terdapat jalur untuk kontak. Biasanya, informasi layanan masyarakat tersebut tidak begitu sering dibahas oleh pengguna social media. Tapi kali ini ada yang berbeda.

Entah siapa yang memulai, terdapat beberapa hal yang menjadi bahasan dari gambar informasi layanan masyarakat berupa ciri-ciri pengguna narkoba yang disebarkan oleh BNN itu,

    1. Dari total 53 ciri-ciri, terlihat seakan-akan nomer 3-nya hilang. Disebut seakan-akan, karena sebenarnya nomer 3 terdapat sebaris dengan nomer 2. Mungkin lupa diganti barisnya saat di-save.
    2. Beberapa ciri-ciri pengguna narkoba yang dicantumkan memuat informasi yang generik, sehingga amat sangat mungkin dikaitkan dengan individu yang tidak terkait narkoba sama sekali. Contohnya antara lain sbb:
          – Sering makan permen karet/menthol untuk menghilangkan bau mulut – no.30
          – Emosi tidak stabil (naik turun) – no.27
          – Sering berbohong – no.8
          – Sering keluar rumah sebentar kemudian kembali lagi – no.43

Ciri-ciri tersebut cukup generik dan mengena semua orang. Beberapa pengguna social media bahkan menyebut ciri-ciri tersebut begitu menjadi karakter.

Alhasil, malam hari akun @Ndorokakung menginformasikan bahwa konten tersebut menjadi trending topic di Indonesia.

Dari bukti trending tersebut, hampir bisa dipastikan kalau konten yang trending perlu menyentuh banyak elemen masyarakat serta terkena trigger yang tepat pada saat yang tepat pula. Khusus untuk ciri-ciri pengguna narkoba dari BNN ini sepertinya tepat waktu karena di hari Senin biasanya pengguna social media cenderung mencari hal-hal untuk meringankan menghadapi hari Senin. Perihal siapa yang mengawalinya saja, yang sepertinya masih harus dicaritahu.

Besok-besok, kayanya lembaga negara lain perlu mencontoh terhadap karya BNN ini, ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *