Browse By

Short Story #49: Yang Penting Kerja

“Gila, makin lama susah ya nyari kerjaan.” Banu menyimpan koran ke
meja. Wajahnya terlihat gusar.

“Bukannya dari dulu emang susah?” celetuk Romi, teman kuliahnya.

“Iya sih. Tapi gue kira kalo kuliah teknik gitu, bakal lebih gampang
cari kerja.” Banu berpendapat.

“Ga jaminan sih.. Bukti paling gampangnya ya, kita ini..” jawab Romi.
“Kuliah ga lewat 4 taun, IPK ga kurang dari 2,8 aja, masih susah kan?”

“Iya nih..” Banu terlihat sebal. “Kirain kalo jadi insinyur gitu, gue
bisa langsung kerja pabrikan gitu.. Ga taunya, dipanggil interview
kerja aja, belom pernah. Padahal, udah 2 bulan nganggur nih dari lulus
sidang.”

“Emang..” Romi mengiyakan.

“Apa gue banting setir aja kali, ya? Lamar apa kek, yang penting
kerja? Bosen gue luntang-lantung kampus-rumah gini mulu. Kuliah udah
kelar, kerja kagak, ngabisin duit iya. Kasian emak-bapak gue di
kampung..” Banu menjelaskan.

Romi garuk-garuk kepalanya yang tidak gatal sambil berpikir. “Gue jadi
keinget sesuatu, nih.”

“Apaan? Kerjaan?” tanya Banu bersemangat.

“Iya. Kerjaan. Kemaren kalo ga salah oom gue sempet nawarin gitu, tapi
gue sih ga mau.” ucap Romi.

“Emang apaan? Sepanjang halal dan duitnya sesuai UMR sih, gue ayo aja
dah. Yang penting kerja!” seru Banu.

“Oom gue malah ngasitau kalo kerja gitu bisa dapet tip juga, Banu.
Tapi ya itu, gue males coz bakal kerja hands-on gitu, langsung pake
tenaga dan tangan kita sendiri.” ucap Romi.

“Apapun, asal halal dan UMR, gue mau! Lagipula, insinyur kan biar
mahir kerjanya ya harus bisa hands-on dulu.. Pake tenaga dan tangan
kita sendiri meski nanti ada tim. Sini, buat gue aja, dah..” kata
Banu.

“Ya..kalo emang loe mau, silakan aja sih. Tapi jangan nyesel kalo
nanti capek gitu..” Romi mengingatkan.

“Emang apaan, sih?” Banu penasaran.

“Jadi instruktur refleksi. Alias, tukang pijet.” jawab Romi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: