Browse By

Short Story #158: Menghadap Depan

“Setiap bagian dari tubuh ini, ternyata ada maksudnya. Tempatnya ga sekadar dikasih doang.” celetuk Ratna tiba-tiba saat menunggu dosen masuk ke kelas.

“Contohnya?” Aisya, teman kuliah Ratna yang sudah hapal betul kelakuan ajaibnya, langsung menanggapi.

“Ya.. kepala di atas, kaki di bawah, tangan di samping, dan lain-lainnya.” jawab Ratna.

“Lah, emang kenapa kalo kepala di atas, kaki di bawah, dan tangan di samping?” Aisya lanjut bertanya.

“Ya jelas dong, tangan di samping. Kalo di depan, nanti kalo mau muter agak susah, trus nanti tiap kali mau kita pake, dia cuman bisa gerak ke depan doang gimana? Nanti jadi kaya’ zombie-zombie di film Mandarin gitu.”

“Trus?”

“Kalo kaki di bawah, itu udah jelas buat bantu kita jalan. Ga lucu aja kan, kalo kaki di atas, deket kepala, nanti kita jalannya mau jungkir balik, gitu?” Ratna menjelaskan lagi.

“Lah, kalo kepala? Kenapa di atas?” Aisya melanjutkan.

“Karena di kepala itu ada otak, buat mikir. Kalo di bawah, nanti otaknya bisa kebalik. Masa’ iya mau mikir juga kebalik?” Ratna berujar. “Trus juga, di kepala itu ada mata, buat liat. Kalo kepala di bawah, nanti susah dong kalo mau liat, kehalang sana-sini.”

“Oo..”

“Bahkan, letak mata di kepala pun ada maksudnya kenapa dia ada di wajah, menghadap depan.”

“Hah? Emang apaan?” Aisya penasaran.

“Ya… mata menghadap depan itu supaya kita ngeliatnya terus ke masa depan, bukannya kaya’ loe yang ngeliatin melulu masa lalu..” jawab Ratna polos.

“HEH! KENAPA MALAH JADI GUE!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: