Persiapan Tas Untuk Travelling

Travelling, atau jalan-jalan yang rada jauh, pasti perlu persiapan yang ga sebentar dan ga sedikit. Minimal bawa satu tas atau koper untuk dibawa berisikan perlengkapan sepanjang perjalanan. Utamanya tentu berisikan pakaian dan perlengkapan mandi, tapi ga jarang juga alat tulis seperti buku dan pulpen, kamera, sampai dengan perlengkapan elektronik seperti charger dan powerbank.

Tanpa perencanaan yang baik, tas atau koper yang dipake untuk travelling bisa jadi semacam kapal pecah yang segala macam ada dan bakal sulit untuk dicari saat perlu. Saya ga langsung menuduh bahwa orangnya berantakan ya, bisa jadi rapi tapi malas atau teledor. Nah, berdasarkan pengalaman sendiri, berikut kiat-kiat saya untuk mempersiapkan tas saat akan travelling. Please note, kiat berikut ini dalam konteks pria yang akan solo-travelling, ya.

  1. Walaupun travelling akan berjalan sebentar — maksimal seminggu, saya minimal akan membawa 2 tas. Bisa dibedakan dari ukurannya, kecil dan besar. Kecil ukurannya maksimal sebesar backpack, dan besar minimal seukuran koper yang bisa masuk kabin pesawat.
  2. Kedua tas yang akan saya gunakan tadi saya fungsikan dengan beda kegunaan. Yang tas besar akan digunakan sebagai penyimpanan seluruh pakaian dan perlengkapan mandi yang akan saya gunakan sepanjang perjalanan. Sementara tas yang kecil akan diisi dengan minimal satu pakaian (dan pakaian dalam) ganti, buku tulis dan pulpen, parfum, serta alat-alat elektronik. Ditambah plaster luka, minyak kayu putih, dan panadol jika perlu.
  3. Tas kecil akan berfungsi sebagai semacam jaring pengaman saya, sebagai tas yang dapat memberikan “pertolongan” pertama dan mudah diraih. Sementara tas besar akan berfungsi sebagai tas terlengkap.
  4. Tas kecil juga akan berfungsi sebagai teman travelling setiap harinya. Tempat untuk menyimpan paspor, dompet, dan ponsel jika diperlukan. Dan juga peta perjalanan, serta kamera. Sementara tas utama akan disimpan di penginapan.

Jikalau saya bepergian dengan keluarga kecil saya, tentunya keperluan tas tersebut akan berbeda dan cenderung bertambah. Tetapi, minimal saya sendiri akan membawa 2 tas dengan susunan seperti di atas.

photo credit: Go-tea 郭天 Complicity via photopin (license)

Spread the love

A happy family-man. Lives in Jakarta. Currently working in advertising, marketing, communication, social media, & strategic planning.

2 Comments

  1. Saya lebih suka pake ransel kemana2 mas, lebih simpel aja sih

  2. @warm kalo jalan sama keluarga juga sama? pada pake ransel semua?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four × = 24