Hal-hal yang Baiknya Dilakukan Sebelum Melakukan Road Trip

Road trip atau perjalanan darat, adalah salah satu pilihan travelling yang memiliki penggemar dengan jumlah tidak sedikit. Melakukan road trip bisa umumnya dengan menggunakan kendaraan roda empat seperti bis dan mobil pribadi. Tapi tak jarang juga yang melakukan road trip dengan menggunakan sepeda motor, atau sambung-menyambung dengan menggunakan kereta atau alat transportasi darat lainnya.

A road trip is a long distance journey on the road. Typically, road trips are long distances traveled by automobile. – Wikipedia

Buat saya pribadi, road trip yang paling lama pernah saya lakukan dengan mengendarai kendaraan pribadi adalah ketika melakukan perjalanan pulang dari Yogyakarta-Jakarta melalui jalur Selatan Jawa. Kala itu, perjalanan yang dilakukan total kurang lebih 18 jam. Waktu selama itu terjadi bukan karena macet periode liburan, tapi lebih karena banyak melakukan berhenti untuk istirahat sesuai dengan medan jalan yang cukup menantang. Perihal kenapa banyak berhenti ketika melakukan road trip dengan kendaraan pribadi, akan saya bahas lebih lengkap di postingan lainnya, ya. 🙂

Untuk postingan kali ini, adalah hal-hal yang baiknya dilakukan sebelum melakukan road trip. Khususnya ketika menggunakan kendaraan pribadi. Tentu, ini berdasar pengalaman saya pribadi, sbb:

  1. Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi fit.
    Bawa ke bengkel jika perlu, atau usahakan pengecekan terakhir ke bengkel tidak lebih dari 30 hari yang lalu. Hal ini bagi saya wajib dilakukan supaya kendaraan pribadi dalam kondisi yang mendukung untuk melakukan road trip. Yang harus dicek antara lain kondisi oli, rem, ban, sampai dengan radiator, tegangan aki (biasanya sekaligus cek umur aki), dan juga kemudi. Jika melakukan servis rutin — per 6 bulan atau 10.000 km (untuk mobil), pengecekan ini sudah pasti akan membuat kendaraan pribadi dalam kondisi fit. Di beberapa bengkel pun cukup dengan menyatakan akan melakukan road trip, maka teknisi/mekanik sudah punya bayangan apa saja yang akan dicek.
  2. Pastikan kondisi badan dalam kondisi fit.
    Kenapa badan harus dalam kondisi fit? Karena road trip biasanya akan memakan waktu berjam-jam lamanya, dan terkadang lalu lintas tidak bisa ditebak — kecuali kalo musim liburan atau lebaran yang udah hampir pasti macet sepanjang jalan. 😛 Memastikan badan dalam kondisi fit ga melulu harus ke dokter dengan cara medical check up kok, cukup kenali saja tanda-tandanya mulai dari yang ringan seperti apakah hidung mampet, mata perih, tenggorokan sakit, dan lain-lain. Jikalau masih bisa dihalau/dikurangi efek sakitnya, pastikan membawa obat-obatan pribadi karena belum tentu bertemu toko kelontong di perjalanan.
  3. Pastikan sudah cuti/libur.
    Iya, ini paling vital. Ga lucu banget kalo mau road trip yang lama, trus tau-tau harus masuk ke kantor untuk bekerja karena dianggap ga cuti. :mrgreen:
  4. Bikin rute perjalanan dan atau siapkan peta.
    Road trip yang menyenangkan adalah yang sesuai dengan rencana. Karena waktu di perjalanan cukup lama, maka nyasar ga boleh jadi pilihan. Untuk menghindari nyasar, maka baiknya siapkan rute perjalanan. Hal ini penting terutama jika mengendarai kendaraan pribadi, dan atau kalau tidak sering melakukan road trip.
  5. Siapkan makanan.
    Makanan ringan ataupun berat, penting adanya untuk disediakan di kendaraan sebagai konsumsi di jalan. Makanan ini bisa berfungsi untuk penghalau kantuk atau penahan lapar sampai bertemu dengan rumah makan/restoran. Untuk jenis makanan yang dibawa, amat sangat disarankan untuk makanan yang tidak berkuah dan sedikit sampahnya — atau habis sekali dimakan. Apabila perjalanan disertai anak kecil, upayakan membawa makanan yang menjadi kesukaannya.
  6. Punya kontak darurat.
    Kontak darurat ini bisa mencakup orang di tempat tujuan, orang di tempat asal, sampai dengan nomer telepon Polisi, bengkel, dan lain-lain. Kalo misal ternyata sinyal internet cukup kuat, bisa juga dengan memastikan paket internetnya nyala dan bisa akses internet untuk cari informasi terdekat.

Kurang lebih itu sih persiapan sebelum melakukan perjalanan darat dengan kendaraan sendiri. Nanti kalau ada update lagi, akan saya share di sini. Sementara itu, have a nice trip!

 

photo credit: HO|PE via photopin (license)

Spread the love

A happy family-man. Lives in Jakarta. Currently working in advertising, marketing, communication, social media, & strategic planning.

2 Comments

  1. Desember td saya naik motor honda legenda saya dr jogja ke bogor, ya jelas ga sengebut sampeyan. Nyampenya juga 18 jam sdh plea stop di berbagai pom bensin hehe

    Saya setuju dgn no 1 & 2, sisanya menyesuaikan aja, dan yg terpenting persediaan duit cukup utk PP hehehe

  2. kalo naik motor ya wajar sih 18 jam. saya kan di postingan ini ibaratnya naik mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 7 = eleven