Gimana Caranya Dapat Tiket Pesawat Murah?

Jalan-jalan jauh, paling enak memang menggunakan pesawat. Waktu perjalanan yang cepat menjadi faktor utama kenapa pesawat dipilih. Bayangkan jika hendak bepergian ke lain kota yang berada di beda pulau menggunakan transportasi darat disambung laut, lalu darat lagi? Bisa berhari-hari menempuhnya dibandingkan beberapa jam saja dengan pesawat.

Bepergian dengan pesawat pun menjadi primadona belakangan ini, terlebih menjamurnya maskapai yang menyediakan tiket murah seperti AirAsia, Citilink, sampai dengan Lion Air. Belum lagi promo yang disediakan pada waktu-waktu tertentu. Jalan-jalan jauh pun tak lagi mimpi.

Berikut beberapa cara untuk dapatkan tiket pesawat murah untuk bepergian:

  1. Pesanlah jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan.
    Beberapa maskapai atau online travel agent menyediakan tanggal keberangkatan hingga 1 tahun sejak tanggal booking. Tanggal keberangkatan pesawat yang jauh dari tanggal booking biasanya lebih murah karena belum begitu banyak dipesan dan belum dipengaruhi oleh animo pemesan dan hari libur.
  2. Membeli saat ada promo. Bisa dengan promo maskapai atau kartu kredit.
    Promo adalah cara paling efektif untuk mendapatkan tiket murah. Tak tanggung-tanggung, promo dapat membuat tiket pesawat lebih murah 50% dibandingkan publish price atau di luar periode promo. Membeli pada saat promo bisa dilakukan di saat periode yang dilakukan oleh maskapainya ataupun kartu kredit yang dimiliki dan digunakan untuk membayar.
  3. Membeli menggunakan online travel agent.
    Online travel agent seperti tiket.com, traveloka, sampai dengan nusatrip biasanya memiliki promo tersendiri di luar yang disediakan oleh maskapai atau kartu kredit. Promo yang disediakan berupa cash back tunai sampai dengan diskon atau potongan harga.
  4. Tanggal keberangkatan/pulang tidak di hari weekend (akhir pekan).
    Hari-hari akhir pekan menjadi pilihan utama bagi para pekerja kantoran untuk melakukan perjalanan. Hal itu disinyalir terkait dengan cuti bagi para pekerja kantoran tersebut. Sehingga tak jarang tanggal keberangkatan/pulang di akhir pekan harga tiket pesawat jauh lebih mahal ketimbang di hari biasa (weekdays).
  5. Berangkat/pulang tidak berdekatan dengan tanggal libur/hari raya nasional/lokal.
    Tanggal libur atau hari raya nasional/lokal juga biasanya mendukung harga tiket pesawat menjadi lebih mahal. Hal ini karena orang lain juga hendak bepergian di hari tersebut sehingga animo lebih tinggi ketimbang hari biasa.
  6. Memilih destinasi yang popularitasnya lebih kecil.
    Bepergian ke sebuah destinasi yang popularitasnya lebih tinggi juga menunjang harga tiket pesawat yang lebih tinggi. Tiket pesawat ke Tokyo dan Osaka Jepang misalnya, di hari dan tanggal yang sama akan lebih mahal ke Tokyo daripada ke Osaka meskipun berada di negara yang sama. Memilih destinasi yang tidak popular bukan berarti tidak akan ke destinasi yang popular, melainkan hanya trik agar lebih murah dan cepat sampai, baru kemudian mencari tranportasi lokal.
  7. Memilih destinasi bandara yang berdekatan dengan tujuan utama/bandara sekunder.
    Beberapa kota besar memiliki bandara lebih dari satu. Jakarta saja misalnya, memiliki bandara utama Soekarno-Hatta dan juga Halim Perdanakusuma sebagai sekunder. Pemilihan bandara sekunder dapat membuat tiket pesawat lebih rendah ketimbang bandara utama karena biaya maskapai untuk ke bandara tersebut juga lebih murah, yang tentunya turut dihitung menjadi harga tiket pesawat.
  8. Pilih perjalanan dengan transit daripada langsung.
    Meskipun lebih nyaman, direct flight atau penerbangan langsung memiliki harga yang lebih mahal ketimbang perjalanan dengan transit.

Meski begitu, ada beberapa hal yang jangan sampai dilupakan dalam rangka mencari tiket pesawat murah itu, antara lain sebagai berikut:

  1. Review mengenai maskapai yang akan digunakan.
    Beberapa maskapai terkenal dengan jargon tiket murahnya, beberapa lainnya dengan kualitasnya. Ketika sebuah maskapai dengan kualitas tinggi ternyata menyediakan tiket murah, harus dicari tahu ulasan (review) apakah kemudian dioper ke maskapai segrup atau tidak.
  2. Perhatikan lama perjalanan.
    Jangan hanya karena murah, lalu rela transit yang ternyata dilakukan beberapa kali sehingga tentunya akan melelahkan dan merepotkan.

Jadi, sudah siap untuk berburu tiket murah untuk perjalanan? Salah satu caranya bisa dilakukan dengan cek di sini.

Spread the love

A happy family-man. Lives in Jakarta. Currently working in advertising, marketing, communication, social media, & strategic planning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three × 2 =