Cerbung

Membuat (baca: menulis) novel atau buku cerita adalah salah satu impian saya sejak kecil. Alhamdulillah, terlepas dari tiras dan angka penjualannya, saya sudah pernah menerbitkan satu judul novel dari salah satu penerbit bergengsi di tanah air. Dan, sebenarnya keinginan hati adalah kembali menerbitkan novel. Akan tetapi, pada kenyataannya semuanya tidaklah mudah.

Mungkin sudah banyak yang tahu, menembus penerbit dan kemudian menerbitkan naskah buku itu bisa dibilang amat sangat sulit. Mulai dari tahapan penyaringan secara kilat, penyeleksian, penyuntingan, penulisan ulang/penambahan (jika perlu), hingga penjadwalan terbit, dan juga pemasaran plus penjualan. Semua itu tidaklah mudah — walau juga tidak mutlak disebut sulit. Mengantisipasi itulah, maka kemudian banyak penerbit “indie”, penerbit buku dengan pemasaran yang “menumpang” penerbit besar, hingga penerbit on demand/by request.

Anyway, bukan soal penerbit dan proses menerbitkan buku yang mau saya bahas. Melainkan cerita bersambung (cerbung) yang semula saya siapkan untuk menjadi novel. Iya, semula naskah cerbung ini adalah naskah novel. Namun karena tak kunjung juga diterbitkan oleh penerbit (baca: ditolak oleh penerbit), jadilah saya publikasikan cerita novel tersebut per bab secara bersambung.

Mau tahu apa cerita bersambung tersebut? Simak aja di sini. Judulnya adalah Burung Kertas, dengan 21 bab yang saya bagi menjadi 21 post.

Selamat menikmati ya..

Spread the love

A happy family-man. Lives in Jakarta. Currently working in advertising, marketing, communication, social media, & strategic planning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three × 5 =